Sales dan Marketing seringkali dianggap suatu jenis pekerjaan yang sama. Tidak hanya dari sisi pencari kerja, bahkan beberapa perusahaan pun kerap kali mencampuradukkan fungsi keduanya. Meskipun sales dan marketing sama sama memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan, tapi tetap ada perbedaan fokus kerja pada keduanya. Yuk simak beberapa perbedaan mendasar antara sales dan marketing.
1.) Proses Kerja
Sales
Sales kerap kali menjalankan tugasnya dengan mendatangi langsung customer ke lokasi, atau menguhubungi via telphone, chat, website atau yang lainnya. Bahkan sales juga bisa melakukan pertemuan dengan calon customer di suatu pertemuan luar guna membina hubungan dengan customer.
Marketing
Agar sales dapat menjalankan tugasnya untuk menjual produk, maka marketing hadir dibelakang sales untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan saat akan melakukan visit ke customer. Dan setelah produk terjual ke customer, maka selanjutnya tim marketinglah yang menjaga hubungan baik agar customer menjadi pelanggan tetap.
2.) Ruang Lingkup Pekerjaan
Sales
Ruang lingkup sales bersifat jangka pendek, artinya sales hanya meyakinkan customer dan calon customer untuk terus merasakan efek produk yang dijual serta terus mendengarkan kebutuhan customer.
Marketing
Sedangkan marketing pekerjaannya bersifat jangka panjang, dimana tim marketing harus bisa menjaga hubungan baik dengan customer ataupun vendor yang terkait dengan pemasaran produk.
3.) Aktivitas dan Goal
Sales
Sales memilki goals untuk menjaga hubungan baik dengan customer sampai pada menemukan kesepakatan kerja. Aktivitas sales bisa dibilang adalah yang berurusan langsung dengan customer, bahkan tidak menutup kemungkinan sales dituntut langsung untuk dapat beramah tamah dengan customer secara langsung.
Marketing
Jika sales memiliki goals untuk mendapatkan kesepakatan kerja atau penjualan produk, maka tim marketing berperan untuk memastikan bahwa produk yang akan dijual benar-benar memiliki kualitas yang baik. Aktivitas marketing bisa dibilang lebih cenderung berada pada belakang layar, segala persiapan yang dibutuhkan tim sales untuk menjual produk menjadi tanggung jawab tim marketing.
Ketika sales berfokus pada strategi untuk mendapatkan revenue secara langsung, maka marketing fokus pada strategi dan informasi agar branding produk atau jasa perusahaan sampai pada target. Sehingga produk atau jasa yang ditawarkan dapat bertahan lama dan layak bersaing di pasaran.