Social Media Management Dalam Bisnis

Social Media Management Dalam Bisnis

Social Media Management

Tahukah anda apa itu social media management? Jika kita lihat kata perkata Social Media adalah sebuah platform social yang dikemas secara digital yang berisikan informasi terkini, promosi bisnis, konten konten hiburan dan sebagainya. Lalu jika dikaitkan dengan manegement, maka bisa diartikan bahwa kita memenage semua hal yersebut terkait social media. Apa fungsi dan manfaat dari social media management? yuk kita simak selengkapnya! Mari kita pahami bersama, bahwasannya social media itu sanget erat dengan bisnis. Jika anda memiliki suatu bisnis, maka anda harus mengetahui apa itu social media management guna menunjang perkembangan bisnis anda.
Secara garis besar, social media management adalah proses menganalisis, menjadwalkan, menciptakan dan turut terlibat dengan konten yang diposting di pplatform media social seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube atau Tiktok.

1.) Peran social media dalam bisnis

Di era digital seperti ini, semua aktivitas sangat terbantu dengan adanya teknologi yang membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Hanya dengan gadget, uang dan koneksi internet anda bisa berbelanja makanan, minuman atau yang lainnya dengan sangat praktis. Kemudahan ini tak hanya dimanfaatkan oleh para konsumen, para pelaku usaha pun memanfaatkan kemudahan ini untuk menjajakan produk-produknya.
Jika dahulu mesti ada suatu tempat untuk membuka lapak usaha, maka saat ini anda bisa menjual dan mempromosikan produk anda melalui social media seperti instagram, facebook, tiktok, youtube dll.

2.) Konten pada social media

Tak ada suatu hal yang terlepas dari persaingan, begitupun persaingan digital pada sektor social media. Semakin banyak yang sadar akan peluang yang bisa didapat melalui social media, maka semakin tinggi juga kreativitas, inovasi dan jiwa kompetitif yang perlu kita ciptakan. Konten social media menjadi salah satu andalan yang bisa digunakan agar dapat bersaing di pasar digital.
Postingan produk dengan design konten yang minim kreasi dan inovasi akan membuat produk kita kalah saing di pasar digital, di social media hal yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana memanjakan mata para calon pembeli dengan design konten yang menarik. Sehingga membuat para calon pembeli yang melihat akan memiliki keiningan untuk mendapatkan produk anda.

3.) Sarana komunikasi dengan pelanggan

Dalam suatu penjualan kita perlu menerapkan after-sales, ini berguna untuk menjaga hubungan baik dengan para pembeli. Selain bisa membuat pembeli menjadi pelanggan tetap, menjaga hubungan baik juga akan membuat pelanggan kita ingin membeli produk tertentu hanya di tempat kita saja. Meski harga yang anda tawarkan tidak semurah kompetitor, pelanggan akan tetap membeli produk anda karna realtionship yang terjalin dengan baik.
Dengan adanya social media, kita dapat menjaga hubungan baik dengan para pelanggan kapan pun dan dimanapun. Juga anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para calon pembeli terkait produk yang anda jual tanpa harus pelanggan tersebut datang ke toko anda dan bertatap muka secara langsung.

4.) Membagi informasi dan promosi terbaru

Dengan design konten yang menarik, anda bisa langsung membagian konten anda di social media terkait informasi terbaru produk anda ataupun informasi promo dari produk-produk anda.

5.) Jangkauan yang sangat luas

social media management

Jika tidak memanfaatkan media social untuk bisnis anda, ada kemungkinan jangkauan pasar anda hanya disekitaran toko anda berada dan tak jauh dari itu. Namun dengan social media kita dapat menjangkau pasar yang luas bahkan hingga kancah internasional

Kira-kira seperti itu yang dapat anda manfaatkan dari social media, lalu apa anda sebagai para pelaku bisnis membutuhkan social media management? Dan kenapa anda harus memerlukan social media management? Mari kita simak.

1.) Hemat waktu

social media management

Anda bisa menghemat waktu lebih banyak dan melakukan inovasi lain tanpa terganggu dengan aktivitas promosi, design konten dsb. Penjadwalan upload konten ke social media dapat diatur dengan efektif dengan adanya social media management.

2.) Memahami audience dengan baik

social media management
Dart on Target and People

Social media management dapat memberikan data organik terhadap bisnis anda terkait seberapa banyak orang yang tertarik dengabn produk anda, berapa rentang usia yang cocok dengan produk anda, hingga wilayah mana saja yang menjadi sasaran pasar dari produk-produk yang anda jual. Social media management akan memudahkan anda untuk medapatkan segala informasi tersebut, sehingga penjualan anda bisa tepat sasaran.

3.) Kontrol bisnis lebih baik

social media management

Anda bisa mengontrol reputasi bisnis dengan lebih baik melalui media sosial. Anda juga bisa melakukan kontrol dengan memonitor komentar dan feedback dari orang lain di akun anda.

Lalu bagaimana tips menggunakan media social dalam marketing? Anda bisa mempelajari hal tersebut dengan menganalisa pasar, namun anda juga bisa menggunakan beberapa layanan jasa social media management yang terpercaya. PT. Artapuri Digital Mediatama merupakan perusahaan resmi berbadan hukum dalam hal digital marketing termasuk dalam sektor social media management. Jika anda ingin berkonsultasi terkait social media management, silahkan kunjungi website kami di www.artapuri.co.id dan segera dapatkan perubahan yang signifikan dalam bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *