10 Cara jitu Melakukan Promosi Usaha

10 Cara jitu Melakukan Promosi Usaha

Sebuah bisnis tentunya memerlukan promosi sebagai media pemasarannya karena tanpa adanya promosi usaha akan sulit untuk bisnis dikenal oleh konsumen. Bukan hanya itu, cara jitu melakukan promosi usaha kini pun sangat berguna sebagai sarana engagement dengan konsumen sehingga dampak yang diperoleh lebih panjang. Bahkan karena alasan ini promosi usaha sudah menjadi hal yang sangat wajib dilakukan bahkan ketika bisnis telah berkembang.

Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa promosi dan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja sebagai pemilik bisnis Anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan cukup banyak tidak membuahkan hasil. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan brand Anda sehingga hasilnya optimal. Berikut 10 cara jitu yang bisa dijadikan referensi ketika melakukan promosi usaha.

1. Pemasaran Sosial Media

cara jitu promosi usaha

Berkembangnya internet di dunia termasuk di Indonesia membuat sosial media dipakai banyak orang untuk strategi promosi mereka, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan usaha. Sosial media menjadi sarana yang paling jitu untuk memasarkan produk maupun jasa apapun.

Fitur-fitur yang tersedia di berbagai sosial media saat ini sangat mendukung untuk memasarkan berbagai bisnis. Salah satu contoh sosial media yang sering menjadi langganan untuk berbisnis adalah Instagram. Sosial media yang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video ini sangat baik untuk berbisnis. Tidak hanya itu, penggunaan tagar dalam Instagram mampu untuk menjaring konsumen baru. Dengan adanya sosial media, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

2. Memanfaatkan Momentum

cara jitu promosi usaha

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari ulang tahun dan lain sebagainya. Memberikan penawaran terbaik atau harga terbaik ketika hari-hari seperti ini akan menjadi momentum kita dalam bisnis. Atau bisa juga dengan mengonsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan.

Pada hari-hari besar seperti ini, biasanya orang-orang akan mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan. Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring. Ini justru akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli di tempat Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.

3. Membuat Website

cara jitu promosi usaha

Selain menggunakan sosial media dan memanfaatkan momentum, membuat website juga menjadi salah satu strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis saat ini. Adanya website ini membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional. Agar lebih profesional, si pemilik usaha tidak hanya menggunakan sosial media namun juga bisa menggunakan website.

Hal ini bertujuan untuk membuat usaha yang digeluti orang tersebut dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari (Search Engine) seperti Google. Membuat website sebagai strategi pemasaran bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena memerlukan skill khusus untuk membuat website sebagai sarana promosi bisnis.

4. Membuka Kesempatan Menjadi Reseller dan Dropshipper

cara jitu promosi usaha

Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan brand Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat Anda menjual produk lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda pun dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

5. Memahami Target Pasar

cara jitu promosi usaha
44797640 – flat style design vector illustration marketing targeting concept. target group of people in sight marker connected with other abstract profile avatars. big flat conceptual collection.

Sebelum melakukan strategi promosi memahami target pasar, tentunya para pengusaha harus paham produk yang dipromosikan ini akan tertuju ke kalangan mana. Contohnya jika kalangan muda menjadi sasaran produk, maka pemasaran via sosial media seperti Instagram bisa menjadi pilihan. Tentunya, target pasar tidak akan bisa dipilih atau ditentukan tanpa melakukan apa yang disebut dengan segmentasi pasar.

6. Penjualan Melalui Marketplace

cara jitu promosi usaha

Tidak hanya sosial media saja yang ramai digunakan akibat berkembangnya internet, kemunculan marketplace juga menjadi imbas perkembangan internet. Tidak hanya satu situs saja yang berkembang di Indonesia, namun ada sekitar puluhan bahkan ratusan marketplace. Setiap marketplace juga memiliki fitur tersendiri yang berbeda-beda. Menggunakan marketplace menjadi strategi promosi yang tepat karena di marketplace bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.

7. Memberikan Diskon

cara jitu promosi usaha

Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis untuk menarik pembeli. Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk Anda. Jenis-jenis diskon yang bisa diterapkan cukup banyak. Bisa dalam bentuk potongan harga, mendapatkan produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu, diskon khusus untuk profesi tertentu, diskon melalui kode voucher, diskon ongkos kirim dan lain sebagainya.

8. Menjadi Sponsor

Saat ini banyak sekali event-event yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu sekolah, kampus, perusahaan, instansi, event organizer tertentu dan lain sebagainya. Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung event tersebut. Anda dapat memanfaatkan event ini sebagai promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor.

Dengan menjadi sponsor, Anda dapat membuat brand Anda lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah MC biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali.

9. Endorsment Kepada Selebgram

Dengan perkembangan internet dan juga Instagram membuat orang-orang dengan followers banyak di Instagram menjadi pusat perhatian. Istilah kekinian untuk orang-orang seperti itu adalah selebgram atau selebriti instagram. Adanya para selebgram ini sangat memudahkan untuk menjadi strategi promosi produk melalui cara endorsement.

Para selebgram ini bisa dihubungi melalui pesan di Instagram atau direct message untuk bertanya mengenai harga endorsement. Endorsement dalam Instagram juga memiliki nama lain yaitu paid promote atau promosi berbayar. Jadi dengan adanya endorsement, usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram.

10. Menerapkan Strategi World of Mouth

Promosi paling efektif saat ini yang dapat dilakukan adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi. Dengan begitu, informasi mengenai usaha Anda akan tersebar di pasaran.

Nah, itu dia 10 cara jitu melakukan promosi usaha. Jadi gimana Sob, Tertarik untuk melakukan promosi usaha? Silahkan kunjungi website kami di www.artapuri.co.id dan segera dapatkan perubahan yang signifikan dalam bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *